Wednesday, December 28, 2011

Berlian, Sahabat Investor Sambut 2012

Kamis, 29 Desember 2011 12:11 WIB
(Vibiznews – Business) – Apa sahabat wanita yang paling setia? Jika jawaban Anda adalah berlian, Anda benar sekali. Benda indah ini merupakan sahabat terbaik bagi para wanita. Jika Anda bingung ingin memberikan kado istimewa apa untuk wanita terkasih dalam hidup Anda, sebentuk cincin bermata berlian dijamin akan membuatnya makin mencintai Anda, Rabu (28/12).

Tapi untuk tahun 2012 mendatang, berlian bukan hanya akan menjadi sahabat para wanita, berlian akan menjadi sahabat Anda, para investor.

Tahun 2012 mendatang harga berlian diperkirakan akan mengalami kenaikan. Kenaikan ini akan berlangsung hingga empat tahun mendatang. Kenaikan harga batu mulia ini diperkirakan akan mampu melampaui kenaikan harga emas. Belanja barang mewah di China, India dan Timur Tengah yang makin tinggi permintaannya akan mengakibatkan permintaan besar-besaran untuk komoditas berlian. Hal ini tampaknya belum akan diiringi oleh pasokan yang memadai. Permintaan yang lebih besar dibandingkan penawaran, hmm, saya mencium adanya kenaikan harga yang signifikan.

Menurut perkiraan dari BMO Capital Market, harga dari berlian yang kasar dan belum dipotong akan mengalami kenaikan sebesar 9% tahun depan menjadi 145 dolar per karat. Pada tahun 2013 kenaikan harga komoditas ini akan sebesar 1.4% dan di tahun 2014 akan naik sebesar 4.8%. Sementara itu di tahun 2015 kenaikan harga berlian kasar akan mencapai 2.6% dan 3.2% lagi di tahun 2016.

Permintaan terhadap berlian berpotensi mengalami pertumbuhan dua kali lipat dibandingkan pasokan hingga 2020 mendatang, didorong oleh pertumbuhan kelas menengah di China dan India. Kedua Negara ini, ditambah Negara-negara Timur Tengah, akan menguasai 40% dari permintaan berlian di tahun 2015 mendatang. Pertumbuhan pangsa pasar berlian ini luar biasa besar mengingat pada tahun 2005 lalu permintaan berlian dari China, India dan Timur Tengah hanya sebesar 8% dari total permintaan global.

Pembeli Paling Royal

Saat ini masyarakat China merupakan pembeli paling royal untuk komoditas batu mulia di Asia. China mengambil alih posisi Jepang sebagai pembeli berlian terbesar kedua di dunia, di bawah Amerika Serikat. Pada tahun 2011 ini permintaan berlian di China mengalami kenaikan sebesar 25%, sementara pertumbuhan permintaan di Jepang hanya sebesar 7%.

Pertumbuhan pembelian berlian yang meningkat di China ini terjadi seiring dengan makin maraknya permintaan terhadap barang-barang mewah di Negara ini. China memiliki jumlah miliarder (orang-orang dengan harta kekayaan lebih dari 1 miliar yuan atau setara dengan 157 juta dolar) sebanyak kurang lebih 1300 orang. Jumlah masyarakat kelas atas ini mengalami kenaikan sebesar 36% dibandingkan tahun 2010 lalu. Tidak mengherankan apabila permintaan terhadap barang mewah menjadi lebih besar, seiring dengan membengkaknya jumlah masyarakat kaya di China.

Jam tangan mewah dan perhiasan merupakan barang-barang yang paling diminati di China. Pada semester pertama tahun 2011, menurut laporan HSBC, China mengambil alih posisi Perancis sebagai importir jam tangan Swiss terbesar ketiga dunia. Permintaan jam tangan premium di Negara ini mengalami kenaikan sebesar 49% dibandingkan tahun sebelumnya.

Permintaan perhiasan di Negara ini juga tampak mekar merekah. Jumlah wanita yang matang secara keuangan di China pada tahun 2009 lalu mencapai angka 197 juta jiwa, merepresentasikan sekitar 17% dari seluruh populasi. Angka ini merupakan target pasar yang sangat besar bagi industry perhiasan di China. Perusahaan retailer perhiasan local seperti Luk Fook dan Chow Sang Sang, juga pemain asing seperti Tiffany, telah melakukan ekspansi untuk menangkap pasar yang luar biasa besar ini.

Perusahaan Penambangan Berlian Bakal Jadi Incaran

Harga berlian kualitas premium pada tahun 2011 ini mengalami kenaikan sebesar 23%. Peningkatan harga ini merupakan yang terbesar sejak tahun 2006 lalu, menurut laporan dari Rapaport Dinamond Trade Index.

Outlook positif dari industry ini diperkirakan akan menguntungkan bagi perusahaan-perusahaan berbasis berlian. Salah satu perusahaan yang akan mengeruk keuntungan adalah BHP Billiton. Saat ini salah satu tambang berlian milik BHP Billiton, Chidliak Diamond di Kanada sedang ditawarkan untuk dijual. BHDP setuju untuk melepaskan 51% saham dari perusahaan tambang ini. Diperkirakan BHP akan mengeruk keuntungan yang tidak sedikit dari hasil penjualan ini.

Jadi, belum mendapatkan ide untuk kado tahun baru? Belikan berlian!

Kristanto Nugroho, selaku Komisaris Bursa Berjangka berpendapat, pertumbuhan ekonomi di Asia yang dibarengi dengan jatuhnya ekonomi Zona Eropa membuat peta bisnis bergeser ke Asia, sehingga dampaknya akan banyak orang kaya baru yang mempunyai daya beli yang kuat, di samping itu pergeseran ini membuat target market barang mewah seperti berlian yang semula ke Eropa akan bergeser juga ke Asia, tentunya hal ini sesuai dengan selera para wanita Asia yang terbukti sangat menggemari perhiasan berlian. Jadi tidak heran kalau prospek perhiasan berlian di Asia akan melonjak tinggi di 2012 nanti.

Sedangkan menurut Fadjar Ari Dewanto, Direktur Lepmida. Kabar ini merupakan kabar baik bagi Indonesia khususnya sebagai salah satu negara penghasil berlian terbaik di dunia, perubahan peta pasar berlian ini adalah peluang bagi para pebisnis Indonesia untuk segera meraup pasar sebesar-besarnya, yang dibutuhkan untuk menembus pasar adalah kemampuan bersaing dengan pemasar international, strategi untuk kemasan produk, promosi, harga dan target pasarnya perlu diperbaiki lebih lagi.