Monday, December 26, 2011

BEI Yakin IPO Akan Makin Ramai di 2012 Didukung Tingginya Daya Tahan Bursa Lokal

Senin, 26 Desember 2011 13:30 WIB
(Vibiznews – Business) – Untuk tahun 2012 mendatang tampaknya investasi di Indonesia akan masih tetap berkembang dengan cukup menarik (28/12). Perkembangan di bursa saham dalam negeri diperkirakan masih akan positif seiring dengan masih maraknya animo perusahaan-perusahaan untuk go public.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia ito Warsito mengemukakan, pada kuartal pertama 2012 sudah ada sebanyak lima perusahaan berencana untuk melakukan penawaran umum saham perdana (IPO).

Di tahun 2011 ini BEI melaporkan bahwa ada 25 saham baru yang melantai di bursa. Jumlah tersebut sesuai dengan target yang ditetapkan BEI sebelumnya. Meskipun kondisi pasar saham global saat ini sedang mengalami tekanan akibat krisis Eropa, akan tetapi nyata bahwa kondisi bursa saham global masih dinilai cukup mengesankan. Diyakini bahwa minat perusahaan dalam mencari pendanaan untuk melakukan ekspansi pasar modal masih cukup tinggi.

Sejak awal Januari 2011 lalu hingga akhir perdagangan Jumat 23 Desember kemarin IHSG mengalami pertumbuhan sebesar 1.87%. Pertumbuhan ini memang tidak terlalu besar, bahkan dapat dikatakan nyaris flat. Akan tetapi melihat pertumbuhan negatif yang dialami oleh bursa-bursa saham global, pertumbuhan ini dapat dikatakan cukup menjanjikan. Terlebih lagi ada bursa saham yang sampai mengalami pertumbuhan negative sebesar 20%.

Di samping kondisi bursa saham yang masih menjanjikan, kondisi ekonomi dalam negeri yang solid juga menjadi tolak ukur bagi perusahaan untuk melakukan IPO. Untuk tahun 2012 mendatang BEI optimis akan dapat kembali memenuhi target IPO sebanyak 25 perusahaan.

Ito mengatakan, pada 2012 dari seluruh sektor saham perusahaan di pasar modal, diproyeksikan saham sektor konsumer mencatatkan kinerja tinggi, dikarenakan hal itu didukung oleh jumlah penduduk Indonesia yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi didorong oleh sektor konsumer. Namun secara keseluruhaan, sektor lainnya juga masih menarik dan akan tetap tumbuh.

Tiga BUMN Siap Luncurkan Saham Perdana

Animo untuk meluncurkan saham ke lantai bursa bukan hanya dirasakan oleh perusahaan-perusahaan swastas saja. BUMN juga tidak mau ‘kalah set’. Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan, setidaknya tiga Badan Usaha Milik Negara siap melakukan penawaran saham perdana kepada publik pada 2012.

Menurut Dahlan, go public juga bisa berlaku untuk anak usaha BUMN, tak semata BUMN utama. Anak usaha BUMN yang sudah siap IPO akan menjadi prioritas, sementara BUMN yang IPO pada 2012 akan menggunakan data laporan keuangan akhir Desember 2011 sehingga IPO paling cepat terlaksana akhir semester I tahun depan.

Kementerian BUMN mencatat tiga perusahaan sudah bersiap go public, yaitu PT Semen Baturaja, PT Waskita Karya, dan PTPN III. Sedangkan anak usaha BUMN yang akan IPO adalah PT Krakatau Wajatama anak usaha PT Krakatau Steel Tbk, dan PT Pertamina Hulu Energi anak usaha PT Pertamina.